Ma’ruf Amin akan Menemui Sultan HB X di Keraton Yogya, Ini yang Dibicarakan

Ma'ruf Amin akan Menemui Sultan HB X di Keraton Yogya, Ini yang Dibicarakan

Beritatrendmasakini.comNews, Jakarta – Cawapres nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin, berkunjung ke Kraton Kilen Yogyakarta pagi ini. Kedatangannaya untuk sowan atau bersilaturahmi dengan Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X.

Ma’ruf bersama dengan rombongan sampai di Keraton Kilen Yogyakarta pada pukul 08.20 WIB. Menggunakan jas hitam, kemeja putih, dan berkopiah hitam, Ma’ruf dipersilakan untuk memasuki gerbang Keraton oleh abdi dalem.

Pertemuannya Ma’ruf dengan Sultan ini tertutup dari media, pertemuan ini berlangsung selama 1 jam. Setelah selesai pertemuan, Ma’ruf mengakui membahas banyak hal dengan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

“Beliau banyak berdiskusi mengenai berbagai masalah, termasuk juga mengenai demokrasi,” ucap Ma’ruf kepada wartawan setelah selesai pertemuan di Keraton Kilen Yogyakarta, Senin (15/10/2018).

Ma’ruf menyampaikan, pada pertemuan tersebut Sultan berharap penerapan demokrasi jangan sampai merusak nasionalisme. Sulta juga sangat berharap keutuhan bangsa tetap dapat dijaga dan dipelihara.

“Demokrati yang tidak merusak keutuhan bangsa, sehingga demokrasi kita bisa dilaksanakan secara proporsional, dan seimbang sehingga tidak akan menimbulkan ketegangan-ketegangan,” tuturnya.

Pendapatnya, harapan yang diutarakan Sultan begitu penting untuk dijadikan pedodman. Ma’ruf setuju bahwa penerapan demokrasi jangan sampai justru merusak persatuan dan kesatuan bagnsa.

“Dengan begitu di dalam pilpres nanti jangan sampai ada upaya ingin menang kemudian merusak keutuhan, nasionalisme haya dikarenakan kita ingin menang,” ucap Ma’ruf.

Related posts