Seperti di Bali, Ternyata di Bogor

Seperti di Bali, Ternyata di Bogor

Beritatrendmasakini.comWisata, Bogor – Tempat wisata di Bogor tidak selalu kawasan Puncak, perkebunan teh dan aneka tempat kuliner. Inilah Pura Jagat Karta, membuat kamu serasa berada di Bali.

Salah satu Wisata Indonesia yang cukup populer kekinian yaitu wisata religi. Di antaranya dengan mengunjungi tempat peribadatan ummat beragama yang sekarang sudah terbuka dan dapat di kunjungi wisatawan, meskipun bukan dari ummat beragama tempat ibadah yang menjadi objek wisata religi tersebut. Ini merupakan salah satu alternatif cara guna untuk menjaga kerukunan dan persatuan antara ummat bergama karena memang masyarakat Indonesia begitu beragam dan majemuk, khusunya jika dilihat dari agama yang dianut masyarakatnya yang bermacam-macam.

Tempat wisata yang bertempat di Bogor ini namanya Pura Agung Parahyangan Jagat Karta Tamansari Gunun Salak atau orang sering menyebutnya dengan nama Pura Jagat Karta saja. Pura ini mulai dibangun pada tahun 1995 hingga tahun 2005 secara gotong -royong bersama dengan umat Hindu Nusantara dilahan seluas 15 hektar di kaki Gunung Salak.

Mulai diresmikan penggunaannya sebagai tempat ibadah (Sembahyang) umat hindu pada tanggal 19 Agustus 2005. Letak tepatnya berada di kawasan kaki Gunung Salak Ciapus, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Kurang lebih jarak tempuh 1-2 jam perjalanan dari Jakarta untuk bisa menuju lokasi wisata religi Pura Jagatkarta ini menggunakan transportasi umum. Karena saya tidak menggunakan kendaraan pribadi, saya mulai perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan kereta KRL menuju kota Bogor. Sesampainya di Stasiun Kota Bogor, lalu saya menaiki angkot 2 kali turun di Ciapus. Lalu terakhir, bisa menaiki ojek atau jalan kaki untuk menuju lokasi obyek wisatanya yang agak masuk ke dalam dari jalan raya.

Setelah masuk obyek wisata ini perjalanan kita yang lumayan tadi akan terbayar sepenuhnya, dengan pemandangannya yang indah khas pegunungan. Terus usasanannya yang sejuk dan hijau, membuat teduh seluas mata memandang dan begitu tenteram di hati karena memang tempat ibadah. Tidak boleh berisiknya ya dan di area ini membuat kita seperti berada di Bali loh.

Ditambah lagi bangunan pura yang khas Pura hindu yang banyak terdapat di Bali menambah ambians Pulau dewata serasa terlihat di depan mata kita.

Ketika memulai menapaki tangga masuk Pura terpampang beberapa peraturan dan tata tertib yang harus dituruti oleh setiap pengunjung yang akan memasuki. Ketika memasuki lokasi Pura ini, penjaga/pengelola biasanya akan mewajibkan wisatawan untuk membuka alas kaki dan melilitkan sebuah kaih khas ummat Hindu dipinggang sebagai tanda penghormatan tempat ibadah dan kesucian pura ini.

Seterusnya pengunjung akan diarahkan jalan melalui samping pura utama. Dari situ, pengunjung dapat berjalan mengitari pura dan merasakan kesejukan dan suasana tenteram pegunungan hingga batas tertentu. Karena biasanya, hanya pengujung yang ingin beribadah atau sembahyang di pura ini saja yang dipersilahkan untuk masuk kedalam pura utama.

Sekarang pengunjung sudah begitu beragam tidak hanya dari umat Hindu saja, tapi juga banyak dari umat agama lainnya. Untuk memilih tempat penginapan tidak perlu terlalu bingung ya wisatawan, karena letaknya tidak begitu jauh dari pusat Kota Bogor, anda sudah bisa memilih dari hotel berbintang, resort hingga homestay semua ada tersedia.

Mengenai makanan, jangan khawatir karena Kota Bogor juga terkenal akan kuliner yang bisa di pilih sesuai dengan selera dan juga budget anda. Cara untuk bisa menukan buat menginap cukup gampang sekali, anda hanya perlu mengunduh aplikasi Pegipegi dari HP Android atau Iphone Anda lalu dapat memilih hotel yang sesuai degan keinginan dan budget.

Terakhir tinggal menunjukkan saja email konfirmasi atau kode bookingnya ke resepsionis hotel untuk ditukarkan dengan kunci kamar hotel. Dan tinggal menikmati saja liburan yang asyik bersama Pegipegi tanpa ada kendala. Begitu praktiskan?

Related posts