Dokter Bisa Membedah Replika Organ Tubuh Manusia Menggunakan Printer 3D

Dokter Bisa Membedah Replika Organ Tubuh Manusia Menggunakan Printer 3D

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Perkembangan teknologi kedokteran semakin memudahkan dokter dalam melakukan tugasnya. perusahan alat kesehatan yang berpusatkan di Paris, Prancis, belum lama ini mengumumkan penemuan terbarunya printer 3D.

Dari teknologi printer 3D terbaru ini. dokter bedah dapat memindai organ tubuh pasien yang akan dioperasi. Replika dari organ tubuh pasien dibuat menggunakan printer 3D, sehingga para dokter dapat melakukan percobaan sebelum memulai operasi.

“Tujuan kami yaitu meningkatkan keberhasilan operasi pasien, sekaligus dapat mengurangi resiko kegagalan ketika operasi,” tutur Carolyn DeVasto dari Biomodex.

dr Michael Yunes dari Baystate Medical Center, Massachusetts, menyampaikan manfaat dari replika organ bukan hanya bagi dokter, tapi juga pasien. Dengan adanya replikas organ tubuhnya sendiri, pasien dapat menjelaskan utuh tentang prosedur operasi yang akan dilakukan.

Yunes menyampaikan, replikas tumor merupakan salah satu yang sangat dicari pasien. Operasi pengangkatan tumor mempunyai beberapa resiko, karena itu pasien selalu meminta penjelasan dari si dokter.

“Aku akan memegang tumor mereka yang telah dipindai dari CT scan atau MRI. Aku menunjukkan bahwa ini tumor yang berada di dalam otak anda, dan dapat menyebabkan kematian jika tidak diangkat,” katanya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh dr Kevin P.Moriarty, dokter bedah anak. Ia merencanakan prosedur operasi untuk pengangkatan kista dengan replika organ punya pasien.

“Dengan begitu, aku dapat mereka-reka bagaimana cara untuk memisahkan kista dari jantung pasien, sehingga hasil operasi maksimal dan resiko efek samping semakin berkurang,” pungkasnya.

Related posts