Begini Caranya Membuat Wedang Serai untuk Sahur, Agar Perut Merasa Nayaman Ketika Puasa

Begini Caranya Membuat Wedang Serai untuk Sahur, Agar Perut Merasa Nayaman Ketika Puasa

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Meminum minuman hangat berempah ringan bisa menjadi pilihan ketika sahur. Seperti wedang serai yang hangat dan banyak manfaat. Yuk, buat sendiri!

Serai atau sereh merupakan rempah yang berbentuk batang tanaman. Aromanya wangi segar seperti jeruk. Ada semburat rasa pedas hangat seperti jahe. Biarpun sering digunakan sebagai pelengkap bumbu karena aromanya yang wangi.

Selain itu serai juga hanya akan berkhasiat sehat yang mampu menyembuhkan beragam jenis penyakit. Mulai dari anemia, menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan hingga mencegah diabetes.

Serai yang berupa tanaman seperti rumput ini diambil batangnya. Rempah ini memiliki vitamin dan mineral yang baik buat tubuh, seperti vitamin A, B, C, asam folat, magnesium, tembaga, seng, zat besi, kalium, fosfor, mangan dan kalsium.

Untuk bisa mendapatkan khasiatnya, Anda harus meraciknya menjadi teh serai atau biasa disebutkan wedang serai. Caranya cukup praktis, silakan mengikuti langkah ini.

1. Batang Serai

Memilih batang serai yang besar dan tua. Potong sekitar 12 cm dari ujungnya. Cuci hingga bersih lalu memarkan bagian ujung serai hingga pecah.

2. Air

Mendidihkan air secukupnya dalam panci. Memasukan batang serai, rebus selama beberapa saat hingga susut seperempat bagian. Jika menyukainya bisa ditambahkan 1-2 iri jahe juga. Angkat dan saring air serai lalu dituang dalam cangkir.

3. Pemanis

Menyajikan teh serai atau wedang jahe ini dengan gula batu, gula aren atau madu secukupnya. Nikmati lah mumpung masih hangat.

Related posts