Ini Kendalanya, Ketika Demam dan Flu Kok tidak Selera Makan?

Ini Kendalanya, Ketika Demam dan Flu Kok tidak Selera Makan?

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Pilek sekaligus demam biasanya disertai nafsu makan pasti menurun. Semua makanan akan terasa hambar dan tidak selera. Ternyata ini kendalanya!

Pergantian musim memicu munculnya wabah flu. Tubuh demam, disertai pilek serta batuk umumnya dialami orang. Pada kondisi tersebut orang menjadi malas untuk makan, selera makan menjadi turun drastis dikarena semua makan hambar.

Rupanya kondisi tersebut dapat dikarenakan saat demam atau juga pilek lidah cenderung memberitahukan jika rasa makanan yang dimakan hambar. Padahal aslinya tidak. Ternyata ini ada hubungannya dengan hidung dan juga mulut.

Indra penciuman dan indera perasa lah yang menentukan rasa pada makanan. Aroma makanan begitu mempengaruhi rasa dan juga selera makan. Ketika sedang pilek atau juga hidung tersumbat, Anda akan mengalami kesulitan dalam membedakan rasa makanan.

Rupanya inilah kendalanya. Ketika mengunyah, aroma makanan yang berada dalam mulut masuk ke hidung. Ada sel rambut yang membawa informasi mengenai rasa ke otak. Nah, ketika Anda sedang pilek, lendir yang berada di hidung menyulitkan hidung untuk mencium aroma makanan yang dikunyah. Sehingga otak tidak mendapatkan informasi mengenai rasa. Jadi, makanan yang Anda makan tadi akan terasa sangat hambar.

Tetapi tidak ada hubungannya dengan suhu makanan. Indera pengecap membantu kita untuk menentukan makanan itu panas atau dingin. Flu memblokir hidung dan daya penciuman, tetapi kemampuan dalam merasakan makanan tidak akan terpengaruh.

Demam juga dapat mengubah cara kita untuk merasakan makanan. Ketika demam, suhu tubuh akan meningkat sehingga mempengaruhi rongga mulut. Cairan tubuh akan berkurang ketika demam. Hal ini bisa membuat dehidrasi. Ketika dehidrasi, produksi liur akan menurun. Mulur yang kering juga dapat mengubah raasa makanan yang Anda makan.

Ketika itu, nafsu makan akan langsung turun. Alasannya karena rasa makanan yang hambar sehingga nafsu makan juga turun. Salah satu solusinya, perbanyaklah komsumsi air dan juga makanan yang mengandung vitamin C.

Lebih baik mencegah dari pada harus mengobati. Jaga kesehatan tubuh Anda selama musim hujan ini. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.

Related posts