10 Makanan yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

10 Makanan yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Susu merupakan minuman yang akan kaya gizi. Di dalam susu terdapat kandungan kalsium yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang. Jadi sangat wajar jika susu dikatakan sebagai salah satu sumber nutrisi penting bagi tubuh.

Permasalahannya, beberapa diantara kita ada yang tidak begitu menyukai susu atau mengalami alergi terhadap susu atau intoleransi laktosa. Tetapi tidak perlu khawatir, masih ada pilihan makanan lain yang bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, seperti yang dilansir pada halaman Times of India, apa saja kah itu?

Baca juga : Jus Buah Ini Dapat Membuat Tidur Lebih Nyaman

1. Kacang Polong

Kacang yang kaya akan kandungan kalsium. Selain itu, kacang juga memiliki protein. Jadi, Anda dapat memasukkan kacang kedalam menu makanan Anda untuk memenuhi kebutuhan kalsium.

2. Ikan

Ikan sarden dan salmon merupakan sumber dari kalsium yang begitu baik. Anda dapat mendapatkan ikan tersebut dengan bentuk segar atau juga panggang dan dapat dinikmati dengan sayuran atau salad.

3. Kacang Almond

Kacang almond dapat menjadi pilihan untuk melengkapi kebutuhan kalsium. Anda dapat mengonsumsi kacang almond dengan bentuk susu. Sutu gelas setiap hari begitu bergizi bagi Anda.

4. Oatmeal

Oatmeal memang makanan yang penuh dengan manfaat. Tidak heran jika ada banyak ahli gizi yang menyarankan utnuk sarapan dengan oatmeal karena memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Meski dengan jumlahnya tidak tinggi, Anda tetap bisa mengandalkan oatmeal menjadi pilihan untuk memenuhi dosis kalsium Anda.

5. Jeruk

Selain segar dan kaya akan vitamin C jeruk juga mempunyai kandungan kalsium yang begtiu baik yang bisa menguatkan tulang.

6. Susu kedelai

Susu Kedelai merupakan pilihan yang bagus bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Susu kedelai mengandung lebih banyak protein dan juga kalsium.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam memiliki lebih dari 100 mg kalsium per porsi. Karena itu Anda dapat memasukkan berbagai macam sayuran berdaun hijau pada masakan sehari-hari Anda.

8. Biji Wijen

Meski kecil dan hanya sebagai pelengkap makanan saja, namun biji wijen sebenarnya memiliki kalsium yang cukup tinggi. Setiap satu sendok makan biji wijen bisa memberikan asupan kalsium sebanyak 160 mg sehari.

9. Vitamin D

Tanpa ada vitamin D dalam tubuh, kalsium tidak akan bekerja. Karena dengan itu, dapatkan vitamin D yang tepat dari makanan dan sinar matahari untuk bisa mempertahankan kadar kalsium yang cukup pada tubuh Anda.

10. Bok Choy

Bok Choy merupakan sumber kalsium utama untuk mereka yang tidak meminum susu dan itoleran laktosa. Berkat dengna pigmen hijau yang di bok choy, itu menjadi sumber dari kalsium, Vitamin A dan sumber-sumber lainnya

Related posts