Indonesia Menunjukkan Seni dan Budaya di Belgia

Indonesia Menunjukkan Seni dan Budaya di Belgia

Beritatrendmasakini.comWisata, Brussels – Indonesia sudah resmi menjadi negara tamu kehormatannya di Europalia Arts Festival di Belgia. Inilah festival yang menunjukkan seni dan budaya Indonesia!

Festival ini dibuka langsung oleh Raja Belgia Phillippe Leopold Louis Marie dan Ratu Mathilde serta dihadiri Wapres RI Jusuf Kalla pada selasa (10/10/2017) di Bozar, Brussels, Belgia.

Dari Indonesia juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Duta Besar Republik Indonesia untuk kerajaan Belgia, Keharyapatihan Luxembourg dan Uni Eropa Yuri Thamrin, Direktur Jendral Kebudayaan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Hilmar Farid Komisaris Serta Umum Europalia Indonesia Shanti L Poesposoetjipto.

Pada peresmiannya, Raja Phillippe dan Wapres Jusuf Kalla mengunjungi pameran Ancestors dan Ritual. Pameran ini juga dihadirkan benda dari warisan leluhur dan artefak terpilih. Salah satu yang dilihat mereka yaitu pahatan dari kayu berbentuk dua leluhur pria dan wanita.

indonesia-menunjukkan-seni-dan-budaya-di-belgia

Setelah mengunjungi pameran Ancestors dan Ritual di Bozar, Raha Phillippe dan Wapres Jusuf kalla berpindah menuju area Henry Le Boeuf untuk melihat acara pembukaan. Pesta dibuka dengan dibawakan lagu kebangsaan kedua negara. Dilanjutkan dengan sambutan Chairman EUROPALIA Count Jacob de Hagen, Menteri Luar Negeri Kerajaan Belgia Didier Raynders dan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno LP Marsudi.

Baca juga : Ketika Desa Wae Rebo di Flores Diliput Langsung Oleh Media Besar Inggris

Pada sambutannya di depan ribuan tamu undangan, termasuk Raja Belgia Phillippe Leopold Louis Marie dan Ratu Mathilde serta juga Wapres RI Jusuf Kalla, Menlu Retno LP Marsuadi menyampaikan rasa bangganya dikarenakan Indonesia terpilih menjadi negara tamu kehormatan dalam festival seni yang digelar setiap dua tahun sekali ini. Pendapatnya Europalia Arts Festival Indonesia ini juga dapat menjadi kesempatan dalam menunjukkan pada dunia bahwa Indonesia bukan hanya negara dan penduduk musim yang terbayak.

“Indonesia juga merupakan rumah bagi agama-agama lain, Hindu, Buddha, Kristen, Konghucu. Kami merupaka masyarakat plural,” tutur Menlu Retno pada sambutannya di Bozar, Brussels, Belgia, Selasa (10/10/2017) sore waktu setempat.

Menlu Retno menambahkan melalui Europalia ini masyarakat Eropa dapat melihat Indonesia lebih dekat lagi. “Indonesia mempunyai begitu banyak budaya, melalui Europalia kami bisa membawakan lebih dekat kepada kalian. selama empat bulan ini para seniman akan menunjukkan kekayaan budaya kami. Dan dalam beberapa menit lagi kalian akan bisa melihat contoh kecil kekayaan budaya Indonesia. Dari paling Barat Indonesia, tari Saman dari Aceh, tari Topeng dari Corebon dan dari paling timur Indonesia, Papua.

Setelah sambutan dari Menteri Luar Negeri RI, seluruh tamu undangan memang diajak untuk menyaksikan persembahan dari sederet seniman Indonesia. Mereka yang tampil yaitu Nani Topeng Lestari, Voice of Papua dan Saman Gayo Lues.

Related posts