Memakan Pisang dan Alpukat Bisa Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Memakan Pisang dan Alpukat Bisa Mencegah Serangan Jantung dan Stroke

Beritatrendmasakini.comGaya Hidup, Jakarta – Mencegah serangan jantung dan stroke dapat dilakukan degan memakan makanan sehat. Menurut studi terbaru, ini cukup dengan menambahkan pisang dan alpukat setiap harinya. Mengapa harus pisang dan alpukat?

Pisang dan alpukat memiliki kalium atau potasium. Makanan kaya kalium seperti ini dapat menghentikan penyumbatan fatal dengan mencegah pengerasan arteri, ucap peneliti tersebut.

“Temuan ini memberikan bukti manfaat dari suplementasi potasium yang memadai untuk pencegahan pengerasan pembuluh darah,” ucap penulis studi Dr Paul Sanders dari University of Alabama, Birmingham, Jumat (6/10/2017).

Baca juga : Wajah Ini Mencerminkan Gairah Seksual yang Tinggi

Para peneliti mendapatkan kesimpulan tersebut setelah menganalisis tikus yang berisiko mengalami penyakit jantung ketika diberi diet tinggi lemak. Tikus diberikan pottasium dalam kadar yang berbeda, dari rendah, normal, hingga tinggi.

Dari percobaan tersebut, arteri menjadi keras ketika diberikan diet rendah potassium. Sementara, hewan yang diberikan pottasium tinggin mengalami sedikit pengerasan pada arteri. Aorta, yaitu arteri utama pada tubuh, tikus yang diberikan makanan kaya akan potassium juga ditemukan cukup fleksibel.

Hal tersebut kemungkinan dikarenakan kadar dari potasium yang rendah dalam darah yang mencegah ekspresi gen yang menjaga fleksibilitas arteri, menurut studi yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Investigation Insight.

“Penemuan ini mempunyai potensi yang penting karena mereka menunjukkan manfaat suplementasi potassium yang memadai dalam pencegahan kalsifikasi vaskular pada tikur rawan aterosklerosis dan efek buruk dari asupan rendah kalium,” ucap Dr Sanders.

Related posts