Koleksi Keris Pak Jokowi Akan Diserahkan di Museum Keris

Koleksi Keris Pak Jokowi Akan Diserahkan di Museum Keris

Beritatrendmasakini.comNews, Solo – Presiden Joko Widodo sudah berjanji akan menyerahkan keris pribadinya untuk dirawat di Museum Keris Nusantara. Dari sekian banyaknya koleksi yang dimiliki oleh Pak Jokowi akan menyumbangkan setidaknya 5 buah kerisnya.

Janji itu disampaikan saat meresmikan museum yang terletak di Jalan Bhayangkara No 2, Laweyan, Solo, Rabu (9/8/2017). Dalam sambutannya, ia mengakui mengoleksi senjata tradisional Jawa itu. Menurutnya, keris layak dimiliki oleh setiap warga Indonesi dikarenakan merupakan warisan budaya yang adilutung.

Tidak hanay keris yang dikoleksinya, Presiden juga sudah berjanji akan menyerahkan keris yang sudah lama tersimpan di museum Kota Delft, Belanda. Seperti yang diketahui, pada akhir 2016 artefak-artefak asal Indonesia yang tersimpan di Belanda itu sudah diserahkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte kepada Presiden Jokowi. Beberapa di antaranya merupakan Keris.

Baca juga : Jokowi Menanggung Seluruh Biaya Perjalanan Keluarga yang Ikut ke Turki-Jerman

“Saya sendiri juga memiliki koleksi. Yang saya berikan di Museum ini, salah satunya yang disampaikan Perdana Menteri Belandad akan saya bawa nanti pada saat berkunjung ke Solo. Termasuk keris-keris yang ada saya simpan di sini saja, biar bisa dirawat oleh museum,” ucap Jokowi.

Mengenai jumlah dan jenis keris yang akan diserahkan ke Museum Keris, Jokowi masih belum ada menentukan. Dia akan mencoba berkoordinasi dengan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, mengenai hal itu.

“Yang akan saya pilih baik-baik. Nanti saya akan langsun ke pak wali. (Jumlah yang diserahkan) paling tidak lima lah,” pungkasnya setelah meninjau langsung dibagian dalam museum.

Ada juga saat ini Museum Keris Nusantara yang berisikan koleksi-koleksi hasil pemberian dari masyarakat. Terdapat setidaknya 409 koleksi yang terdiri dari keris,tombak dan senjata tradisional asal Indonesia lainnya.

Related posts