Berikut Alasan Minum Air Putih Lebih Dianjurkan Dari Pada Minuman yang Manis

Berita Trend Masa Kini.comBeberapa orang gemar minum minuman manis seperti teh manis ataupun sirup. Minuman tersebut dianggap lebih menggugah selera ketimbang minum air putih. Akan tetapi sebaiknya batasi untuk meminum minuman manis.

Bukan sama sekali tidak di perbolehkan untuk mengonsumsi minuman bergula, karena gula sebenarnya sangat bermanfaat untuk menambah stamina. Namun jika terlalu banyak gula yang di komsumsi ke tubuh, ada berbagai risiko penyakit yang mengintai. Karena itulah minum air putih sangat dianjurkan.

Peneliti dari Virginia Tech University, Kiyah J. Duffey, beberapa waktu lalu menuturkan untuk mengganti minuman sarat gula dengan air putih secara signifikan dapat membantu mengurangi berat badan serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Karena konsumsi kalori tambahan dari minuman manis dan bergula diketahui dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan dan obesitas. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Dari penelitian yang telah dilakukan Duffey, orang-orang yang bisa minum seporsi minuman manis per hari, kemudian menggantinya dengan air putih, telah menurunkan kalori dari 17 persen menjadi 11 persen.

Sementara itu Nutrisionis Leona Victoria Djajadi menyebutkan bahwa minuman terbaik adalah air putih lalu disusul oleh teh tawar. Apalagi bagi yang sudah lanjut usia sebaiknya mengurangi kandungan gula buatan karena bisa menaikkan trigliserit dan merusak ginjal.

“Minum air putih dingin tidak masalah, yang harus dikurangi adalah kandungan gula buatan yang diasup,” unkap Victoria.

Baca juga : Berikut Alasan Yang Perlu Di Ketahui Untuk Memisahkan Pakaian Dalam Sewaktu Mencuci

Selain itu studi yang dilakukan di Harvard terhadap 40.000 peserta selama dua dekade menemukan bahwa pria yang minum rata-rata satu kaleng minuman manis per hari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung daripada pria yang jarang konsumsi minuman yang manis.

Konsumsi air putih setelah makan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mulut dan gigi. Disampaikan Prof drg Heriandi Sutadi SpKGA (K), PhD, makanan yang tersisa di gigi setelah makan yang dapat menjadi asam dan berkembang bersama bakteri. Jika dibiarkan, maka asam yang tersisa akan berkembang bersama bakteri dan dapat mengakibatkan berbagai masalah pada gigi.

Untuk itu jangan anggap sepele air putih, setidaknya minum 2 liter atau 8 gelas standar 250 cc air dalam sehari. Sebab faktanya selain menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi. Manfaat air putih secara tidak terduga memiliki peran vital terhadap kelangsungan hidup manusia.

Related posts